Merancang Jaringan

Buat apa ya jaringan? Jaringan atau biasa kita sebut network pada dasarnya adalah untuk membuat perangkat yang satu dengan yang lain terhubung untuk dapat berkomunikasi. Komunikasi yang terjadi pada perangkat-perangkat tersebut berupa pertukaran data (transfer data, mengirim dan atau menerima data). Ketika hp Karina dan hp Farisya bluetooth-an untuk tukeran foto, pada dasarnya perangkat tersebut sedang berkomunikasi, terjadilah koneksi jaringan. Begitu juga internet, tau kan singkatannya? INTERconnection NETwork, jaringan yang satu dengan yang lain saling terhubung secara global atau mendunia, yang di Jonggol bisa berkomunikasi dengan yang ada di Utah, like that bro ...

Oke, jadi jaringan gunanya banyak banget! Misalnya di kantor cuma ada 1 printer. Terus printer itu cuma terhubung di 1 PC. Kan kantor banyak banget tuh yang kerja dan mau nge-print. Masa setiap mau nge-print dateng ke PC nya sekretaris (he .. he.. maunya). Ga efektif donk! Belom lagi klo pake USB (universal serial bus, udah tau kan?) flash disk yang banyak virusnya ... beh ... kacau deh ... Nah, disitulah jaringan diperlukan. Ketika satu kantor tadi udah terancang sebuah jaringan, klo Budi mau nge-print ya tinggal print aja dari PC atau laptopnya dia, ga perlu ke tempat nya Desi (iya ga, Bud?). Selain penggunaan printer bersama-sama (sharing), banyak juga manfaat yang laen, seperti tukeran data yang gede ukurannya (biasanya sih film, tau tuh film apaan!), bisa juga untuk sharing koneksi internet bro. Nah, untuk kali ini kita mulai dari yang dasar bro! Kenapa dari dasar? Coba deh Tim Holcim klo mau buat rumah atau gedung, pasti buat pondasinya dulu kan? Ya iyalah. Oleh karena itu, klo basic nya kuat, ke atas nya mau diapain juga ga bakal goyah (Duh bahasanya!). Oke, kita mulai dengan membuat jaringan pada 2 PC dengan kabel (kabel dulu ya bro, ntar baru kita maen-maen di wireless. Lebih gampang wireless bro. Istilahnya gini, lebih gampang ngecat dari pada buat pondasi. wakakakakak).

Yang lo perluin bro :
1. kabel UTP (
Unshielded Twisted Pair), sekitar Rp 3000 per meter bro, udah bagus tuh, mereknya Belden. Nih gambarnya, yang kaya gini, sering liat kan di warnet?


2. konektor RJ 45 (ga tau kenapa namanya RJ 45, Raja Jinggo angkatan 45 kali ya? wakakakakak) ... satunya Rp 500 bro, dipasang diujung kabel UTP ... jadi belinya 2 deh, total Rp 1000 ...


3. PC atau laptop 2 anak cukup ... eh 2 unit maksud nya ... yang udah ada NIC (network interconnection card, klo ga salah) atau LAN card ... nih kaya gini gambarnya ...

4. Udah itu aja, murah kan, cuma keluar Rp 4000 perak.

Kita mulai!

A. Konfigurasi kable UTP dan RJ 45
Karena dari PC ke PC, so, kabel nya harus cross, klo PC ke Hub itu straight. Cross dan straight itu masalah perbedaan urutan warna pada kabel UTP. Udah liat kan kabel nya gimana? Banyak warnanya. Nah, itu harus disesuaikan bro. Gw ga ngebahas itu coz ribet deh. Saran gw, pas beli kabel nya lo bilang sama mba-mba AJC (gw biasanya beli di AJC Margonda). "Mba beli kabel UTP buat PC ke PC 2 meter dipasangin ya mba!" Nah abis itu si mba motong-motong kabel, konfigurasiin cross, trus dites pake LAN tester, nih gambarnya.


Trus dia kasih liat ke kita sambil ngomong, "Nih mas, jalan kan? Oke? Beres ya?" "Oke mba, makasih ya!" Selesai deh konfigurasi kabelnya. He ,,, he ,,, Jadinya kaya gini bro ...



B. Colok kabel
Abis itu, you pada colok deh kabelnya dari PC 1 ke PC 2 ... colok nya di port NIC / LAN card nya ya! Gampang kan?

C. Konfigurasi network (TCP/IP)
Nah, ini dia yang paling asik ... Konfigurasi ini dilakukan di setiap komputer ya bro ... Buka control panel bro (maap, masih Windows, pengen sih ke Linux tapi ga kesampean. Apapun OS nya, yang penting harus kita maksimalin .. hueee ...) Pilih network connection. Gw anggap NIC/LAN card udah ke install ya bro. Trus lo klik kanan icon LAN punya lo, and then lo pilih properties bro. Trus lo pilih trus lo internet protocol (TCP/IP) untuk setting IP (internet protocol). Ini screen shot-nya.

"Perlu lo ketahui, setiap perangkat punya alamat masing-masing bro, kaya rumah aja punya alamat begitu. Dan, ga ada 2 rumah yang memiliki alamat yang sama, iya kan? Begitu juga dengan PC kita, kita harus set IP yang berbeda bro. IP juga ada macem-macem kelas bro, dari A sampe D, tapi gw ga bahas itu sekarang ,,, sambil jalan aja ,,, kata orang sih yang lebih mudah dicerna adalah ilmu praktis. So, artikel ini lebih bersifat praktis =). Ok, untuk PC 1, set IP address 192.168.1.1 dengan subnetmask 255.255.255.0 trus untuk PC 2, set IP 192.168.1.2 dengan subnetmask nya sama dengan punya PC 1 yaitu 255.255.255.0. Yang laennya lo kosongin aja ... Ntar lo bakal tau pada keadaan apa harus diisi dan pada keadaan apa ga perlu diisi. Udah bro? Sip ... ini screen shot-nya!

Klo udah klik ok n ok bro.

D. Konfigurasi network (Home/Small Office)
Bro, sedikit lagi nih beres. Sekarang lo masuk control panel klik icon LAN punya lo, trus disebelah kiri ada menu "set up a home or small office network". Lo klik deh tu bro.
Ini screen shot-nya.

Abis itu lo tinggal ikutin gambar ini bro. Oke, next aja ...


Next lagi bro ...



Nah, berhubung gw konek internet, jadi muncul tampilan dibawah ini. Klo ga ada koneksi internet langsung aja ke gambar selanjutnya bro ...


Nah, lo isi deh bagian computer description dan computer name, disini gw isi PC1 untuk computer name-nya. Next bro ...


nah, untuk workgroup, lo isi "jaringan" atau apa gitu, di sini gw isi hilzone.


Trus lo pilih turn on file n printer sharing bro ... next lagi -->

Langsung aja next, dikit lagi selesai cuy ...



Nah, klo kaya gini berarti lagi proses bro ,,, tungguin aja ...


sampe di sini, pilih just finish the wizard ... n kli next bro

Terakhir lo klik finish bro ...



Terakhir klo PC lo minta restart, restart aja, tapi klo ga juga gpp ko bro. Selesai deh, sekarang lo bisa share file antara PC 1 dengan PC 2. Ini screen shot-nya.

Terlihat di "my network connection" ada 2 buah icon komputer (PC 1 dan PC 2). Untuk 2 komputer lebih, lo bisa gunain hub, trus caranya sama aja kaya diatas bro, tinggal lo setting aja TCP/IP nya untuk setiap komputer ... wuih ,,, gimana bro? Seru ga? Ga seru ya? Yah, maap deh =)

Artikel selanjutnya adalah sharing file dan sharing printer bro.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren bro, cuman mw nambahi ajah, RJ tu Registered Jack, jadi tipe Jack yang telah terstandar geto ... klo 45 tu seri-nya, yg lain ada seri RJ-11 (buat kabel telp), 12, 15 (tp yg dua ni gk tw bwt ap :D)